Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 2 Halaman 48, 49, 50, 52

Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 2 Halaman 48, 49, 50, 52

Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup, Subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku, Halaman 48, 49, 50, 52

Tema 3 Kelas 4 SD Subtema 2 Pembelajaran 1

kelas 4 tema 3 subtema 2 pembelajaran 1

Kunci Jawaban Tematik Halaman 48, 49, 50

Ayo Mengamati

kelas 4 tema 3 subtema 2 pembelajaran 1

Tulis paling sedikit 4 pertanyaan tentang burung cenderawasih di atas!

1. Apa nama lain burung Cenderawasih?

2. Mengapa burung cenderawasih mengalami kelangkaan?

3. Dimana sajakah habitat burung Cenderawasih?

4. Burung Cenderawasih jenis apakah yang menjadi identitas Provinsi Papua?

Berikanlah pertanyaan tersebut kepada teman di sebelahmu untuk dijawab.

Diskusikanlah jawabannya.

Untuk melengkapi jawabanmu, bacalah teks berikut.

Burung cenderawasih disebut juga sebagai burung surga. Burung yang menjadi maskot Papua ini memiliki warna bulu yang indah. Bahkan, kabarnya karena keindahannya itu juga burung ini jarang turun ke tanah lebih sering terbang dan hinggap di dahan pohon.

Warna bulu cenderawasih yang mencolok biasanya merupakan kombinasi beberapa warna seperti hitam, cokelat, oranye, kuning, putih, biru, merah, hijau dan ungu. Burung ini semakin molek dengan keberadaan bulu memanjang dan unik yang tumbuh dari paruh, sayap, atau kepalanya.

Warna yang bermacam-macam menjadi salah satu penanda untuk mengelompokkan jenis mereka. Habitat aslinya di hutan-hutan lebat, yang umumnya terletak di daerah dataran rendah dan hanya dapat ditemukan di Indonesia bagian timur.

Burung cenderawasih mati kawat adalah jenis yang menjadi identitas provinsi Papua. Masyarakat di Papua sering menggunakan bulu cenderawasih sebagai pelengkap atau hiasan dalam pakaian adat mereka.

Keberadaan burung cenderawasih kian lama kian terancam. Perburuan dan penangkapan liar serta kerusakan habitat menjadi beberapa penyebab utama. Bulu cenderawasih juga diperdagangkan, digunakan sebagai penghias topi wanita di Eropa. Tapi kini, burung cantik ini menjadi jenis satwa yang dilindungi.

Beberapa jenis cenderawasih yang masuk dalam daftar dilindungi antara lain cenderawasih kuning kecil, cenderawasih botak, cenderawasih raja, cenderawasih merah, dan toowa.

Sumber: indonesia.travel (dengan pengubahan)

Jawablah pertanyaan berikut.

Jelaskan mengapa burung cendrawasih menjadi salah satu sumber daya alam yang menjadi kebanggaan rakyat Papua dan dilestarikan.

Karena keberadaan burung Cenderawasih semakin lama semakin terancam akibat perburuan liar dan dan perusakan habitat..

 

Keberadaan burung cendrawasih kian lama kian terancam? Apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi?


Penyebab yang mengancam keberadaan burung cenderawasih antara lain perburuan liar, perusakan habitat, dan perdagangan bulu burung Cenderawasih sebagai penghias topi.

Apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian burung cendrawasih?


Untuk melestarikan burung Cenderawasih dapat dilakukan dengan cara membudidayakan burung tersebut di suaka marga satwa, jangan memburunya, dan tidak merusak habitat aslinya.

 

Bagaimana kaitan antara perilaku manusia dengan kelangkaan burung cendrawasih? Deskripsikan!


Pemanfaatan bulu burung Cenderawasih sebagai hiasan topi sangat membahayakan kelestarian burung tersebut karena untuk memperoleh bulu tersebut burung cenderawasih harus diburu dengan cara ditembak. Memanfaatkan burung cenderawasih sebagai burung piaraan juga dapat mengganggu kelestarianyya karena burung Cenderawasih biasa hidup di alam bebas dan tidak terbiasa hidup di dalam sangkar.

 

Bagaimana pendapatmu tentang perilaku manusia tersebut?


Menurut saya sebaiknya manusia memperhatikan kelestarian burung Cenderawasih. Salah satu caranya adalah dengan cara membiarkanya hidup di alam bebas tanpa ada gangguan dari manusia.

 

Apa akibatnya jika burung cendrawasih punah?


Jika burung Cenderawasi punah maka keberagaman satwa indonesia akan berkurang. Mungkin generasi yang akan datang hanya bisa menyaksikan keindahan burung Cenderawasih hanya melalui gambarnya saja.

 

Apa saranmu agar kelestarian burung cendrawasih tetap terjaga?

Jawaban:

Agar kelestarian burung Cenderawasih tetap terjaga diperlukan adanya kesadaran bahwa keanekargaman hewan harus dilestarikan dan tidak digunakan untuk kepentingan segelintir orang saja.

Pilihlah hewan yang paling menarik buatmu. Buatlah daftar pertanyaan.

Daftarmu harus memuat:

1. Tempat tinggal hewan (dataran tinggi, dataran rendah, pantai).

2. Manfaat.

3. Cara melestarikan dan menjaga keseimbangan hewan sebagai sumber daya alam.

4. Ciri-ciri hewan atau bagian hewan. Diskusikanlah daftar pertanyaanmu dengan gurumu

Elang Jawa (Nisaetus bartelsi) adalah salah satu spesies elang berukuran sedang. Satwa ini dianggap identik dengan lambang negara Republik Indonesia, yaitu Garuda. Sebaran elang ini terbatas di Pulau Jawa, dari ujung barat (Taman Nasional Ujung Kulon) hingga ujung timur di Semenanjung Blambangan Purwo. Sebagian besar ditemukan di separuh belahan selatan Pulau Jawa. Agaknya burung ini hidup berspesialisasi pada wilayah berlereng.

Saat ini, meskipun merupakan salah satu hewan yang dilindungi dan spesiesnya terancam punah, ternyata elang jawa memiliki beberapa manfaat bagi manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat elang jawa bagi manusia : Sebagai penyeimbang ekosistem. Keberadaan elang jawa berguna sebagai penyeimbang ekosistem. Membasmi hama, seperti tikus. Elang jawa merupakan predator bagi hama-hama yang mengganggu hasil pertanian dari manusia, salah satunya adalah tikus.  Sebagai daya tarik wisata mancanegara. Keberadaan elang jawa bagi manusia dapat berguna sebagai daya tarik wisata mancanegara.

Elang yang bertubuh sedang sampai besar, langsing, dengan panjang tubuh antara 60-70 cm. Kepala berwarna coklat kemerahan (kadru), dengan jambul yang tinggi menonjol dan tengkuk yang coklat kekuningan. Kerongkongan keputihan dengan garis (sebetulnya garis-garis) hitam membujur di tengahnya. Ke bawah, ke arah dada, coret-coret hitam menyebar di atas warna kuning kecoklatan pucat, yang pada akhirnya di sebelah bawah lagi berubah menjadi pola garis (coret-coret) rapat melintang merah sawomatang sampai kecoklatan di atas warna pucat keputihan bulu-bulu perut dan kaki. Bulu pada kaki menutup tungkai hingga dekat ke pangkal jari. Ekor kecoklatan dengan empat garis gelap dan lebar melintang yang nampak jelas di sisi bawah, ujung ekor bergaris putih tipis. Betina berwarna serupa, sedikit lebih besar.

Kehidupan satwa langka yang konon simbol Negara Indonesia perlu dijaga kelestariannya. Beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain sebagai berikut.

  1. UU Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistimnya, yang secara jelas dan nyata bahwa menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki dan memperdagangkannya baik hidup, mati maupun bagian-bagian tubuhnya saja dinyatakan dilarang dan diancam hukuman maksimal 5 tahun penjara dan denda maksimal 100 juta rupiah.
  2. Melapor kepada Pihak Kehutanan, atau Kepala Desa setempat apabila terjadi pengrusakan hutan /habitat Elang Jawa, penangkapan, pemeliharaan maupun perdagangan Elang Jawa, atau membuat sebuah Kelompok Penyelamat Elang Jawa. Dan kepada masyarakat yang memelihara Elang Jawa diharapkan menyerahkannya kepada petugas Polisi Kehutanan setempat.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 52

Ayo Membaca

Apakah di lingkunganmu terdapat kupu-kupu? Bacalah teks berikut untuk menambah pengetahuanmu tentang kupu-kupu.

kelas 4 tema 3 subtema 2 pembelajaran 1

Kupu-kupu hidup di dataran tinggi dan di dataran rendah. Kupu-kupu Indonesia banyak ragamnya dibandingkan dengan kupu-kupu dari Negara lain.

kelas 4 tema 3 subtema 2 pembelajaran 1

Tidak sedikit penggemar kupu- kupu. Warnanya yang indah sangat menarik perhatian banyak orang. Oleh sebab itu, perburuan kupu-kupu sering terjadi.

Hal ini tentunya sangat merugikan bagi kelangsungan hidup kupu-kupu maupun makhluk lainnya.

Tahukah kamu manfaat kupu-kupu?

Kupu-kupu membantu penyerbukan tanaman. Hal ini tentunya bermanfaat untuk kelestarian tanaman tersebut.

Bersama temanmu, jawablah pertanyaan berikut.

  1. Apa akibatnya apabila kupu-kupu punah? Jika kupu-kupu punah maka kelestarian tanaman juga terganggu karena berkurangnya hewan yang membantu penyerbukan tanaman.
  2. Apa yang bisa kamu lakukan untuk melindungi kupu-kupu? Untuk melindungi kupu-kupu dapat dilakukan dengan cara menjaga kelestarianya dengan cara tidak memanfaatkan kupu-kupu sebagai barang hiasan.
  3. Di mana kupu-kupu hidup? Jelaskan! Kupu-kupu hidup di dataran tinggi dan di dataran rendah atau di daerah yang bayak terdapat tanaman berbunga.

Ayo Berkreasi

Kamu telah mengetahui tentang manfaat penting hewan bagi keseimbangan lingkungan. Nah, sekarang kamu bisa ikut berperan serta untuk menjaga kelestarian hewan dengan membuat poster. Buatlah sebuah poster yang berisi ajakan untuk menyayangi dan merawat hewan.

Pilihlah satu jenis hewan yang kamu sukai. Buat posternya dengan memperhatikan kriteria berikut:

Poster berisi informasi tentang:

kelas 4 tema 3 subtema 2 pembelajaran 1
  1. Nama hewan dan ciri-ciri khususnya.
  2. Habitat hewan (pantai, dataran rendah, dataran tinggi)
  3. Manfaat hewan tersebut bagi masyarakat sekitarnya.
  4. Keberadaan hewan saat ini, penyebab hewan menjadi langka (jika hewan pilihanmu adalah hewan langka).
  5. Ajakan berupa upaya-upaya untuk menjaga kelestarian hewan.
  6. Kalimat yang digunakan harus menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.